Cheat sheet perintah-perintah CLI pada Linux

Linux adalah sistem operasi turunan dari Unix, semua perintah yang bekerja pada Unix juga dapat berkerja pada Linux. Ada banyak jenis/distribusi Linux, tetapi semuanya menggunakan perintah yang sama dan bisa diketikan melalui terminal CLI (Command Line Interface). Berbeda dengan GUI (Graphic User Interface) yang tidak memiliki standar, sehingga masing-masing distribusi memiliki antarmuka sendiri-sendiri.

Apabila user ingin melakukan suatu operasi seperti melakukan copy,  rename, cut, delete, dan sebagainya, maka pengguna harus megetikkan perintah berupa teks dengan cara manual dan bukan dengan meng-klik seperti pada interface GUI (Graphic User Interface).

Pada Ubuntu versi Desktop sudah menggunakan interface grafik, namun juga disediakan sebuah aplikasi yang diperuntukkan bagi pengguna yang ingin menggunakan tampilan/interface CLI, baik hanya untuk belajar atau memang keahliannya menggunakan CLI, karena memang cukup banyak hal yang bisa dilakukan dengan interface CLI ini yang tidak bisa dilakukan pada interface GUI, terlebih pada Ubuntu versi Server yang semuanya harus dilakukan dengan mode teks, walaupun sebenarnya bisa diinstalkan mode grafiknya.

Akan tetapi, pengguna yang berpengalaman sekalipun masih sering melakukan salin dan tempel perintah. Ada banyak sekali perintah dasar dan kombinasinya yang tidak mungkin untuk dihafalkan semuanya.

Berikut beberpa perintah yang bisa digunakan di sistem operasi Ubuntu pada mode CLI, baik Desktop maupun Server, yang juga banyak untuk bisa digunakan pada distro yang lain.

Basic Command pada Linux




Konkurensi pada Linux



  Manajemen Proses pada Linux



Comments

Popular posts from this blog

Soal UTS Pengolahan Citra Digital SMK MM Kelas XI Semester 1

MATERI V FIREWALL DI HOST DAN SERVER

LATIHAN SOAL PAS XI MM (Teknik Animasi 2D dan 3D)